Selasa, 05 November 2019

Injil Empat Berganda - Makna Logo Gereja Kemah Injil Indonesia

Seperti apa gambaran Yesus yang asli, yang sesungguhnya?
Apakah Anda ingin mengetahuinya?
Inilah dia, "potret" Yesus yang dapat kita lihat sekarang.


Pada tahun 1887, A.B. Simpson mendirikan sebuah gerakan misi dunia, the Christian and Missionary Alliance, yang akhirnya melahirkan Gereja Kemah Injil Indonesia. Logonya beberapa kali mengalami perubahan seiring waktu. Namun, yang tidak pernah berubah adalah empat simbol yang kita kenal sebagai "INJIL EMPAT BERGANDA"

Injil Empat Berganda yang menjadi ciri khas C&MA atau GKII, sebagaimana yang dikenal sekarang di Indonesia, diwariskan kepada kita oleh A.B. Simpson.
Menurut Simpson, pribadi Kristus dapat dijelaskan dengan empat simbol: SALIB, BEJANA PEMBASUHAN, BULI-BULI MINYAK, dan MAHKOTA. Keempat simbol itu bukanlah gambaran dari sebuah gereja atau organisasi.

"KEEMPATNYA ADALAH GAMBARAN TENTANG KRISTUS".


  • SALIB : YESUS JURUSELAMAT


Pada era Perjanjian Lama, orang-orang Yahudi mengorbankan seekor domba tidak bercacat di Bait Allah untuk mengganti dosa-dosa mereka. 

A.B. Simpson memberikan kepada kita sebuah SALIB untuk mengingatkan kita bahwa YESUS adalah JURUSELAMAT kita.

"Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." (Kisah Para Rasul 4:12)

  • BEJANA PEMBASUHAN : YESUS PENGUDUS

Ini bukanlah cawan, sebagaimana yang dikira banyak orang, melainkan bejana pembasuhan yang terdapat dalam Bait Allah. 

A.B. Simpson memberikan kepada kita sebuah BEJANA PEMBASUHAN untuk mengingatkan kita bahwa YESUS adalah PENGUDUS kita.

"Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. Ia yang memanggil kamu adalah setia, Ia juga akan menggenapinya." (1 Tesalonika 5:23-24)

  • BULI-BULI MINYAK : YESUS PENYEMBUH

Buli-buli digunakan untuk menyimpan minyak. Pada zaman dahulu, sebelum antibiotik ditemukan, minyak digunakan sebagai obat oles untuk menyembuhkan orang-orang sakit.

A.B. Simpson memberikan kepada kita sebuah BULI-BULI MINYAK untuk mengingatkan kita bahwa YESUS adalah PENYEMBUH kita.

"Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya ... dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh." (Yesaya 53:4-5b)

  • MAHKOTA : YESUS RAJA YANG AKAN DATANG

Pada zaman dahulu, sebuah mahkota dipasang di kepala raja sebagai simbol otoritas dan pemerintahannya. 

A.B. Simpson memberikan kepada kita sebuah MAHKOTA untuk mengingatkan kita bahwa YESUS AKAN KEMBALI dan DIALAH RAJA kita YANG AKAN DATANG.

"Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." (Kisah Para Rasul 1:11b)


Lirik lagu Sekolah Minggu yang menjelaskan mengenai arti Injil Empat Berganda.

Judul lagu : Siapa Dia?
https://youtu.be/J08AIMhHEPs

Siapa Dia yang aku sembah?
Siapa Dia yang aku puji?
Siapa Dia yang aku cinta?
Siapa Dia yang kunantikan Dia yang s'lamatkan jiwaku
Dia yang kuduskan hatiku
Dia yang sembuhkan tubuhku
Dia Raja yang akan datang Refrein:
Aku 'kan c;ritakan
Yesus Kristus nama-Nya
Juruselamatku, Pengudus,
dan Penyembuh
Dan Rajaku yang mulia Aku mau pergi memb'ritakan
Injil-Nya
Agar s'luruh jiwa percaya kepada-Nya
Dan diselamatkan

Lirik : Eric Maxey



Logo resmi GKII terdaftar di Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Surat Pendaftaran Ciptaan No. 035075, 9 Juli 2007). Logo tersebut adalah Injil Empat Berganda dalam dua lingkaran: lingkaran besar melambangkan Allah yang Mahakuasa (Omnipotent), Mahahadir (Omnipresent), serta Mahatahu (Omniscient) dan lingkaran kecil Melambangkan GKII Kesatuan. Beberapa warna ditambahkan belakangan untuk menegaskan keunikan tiap aspek dari Injil Empat Berganda dan mempermudah pengajaran kepada umat. Status hukum logo resmi GKII juga makin diperkuat melalui Putusan Pengadilan Negeri Makassar (Nomor 1/Pdt.Sus-HAKI/2017/PN Niaga Mks) pada Juni 2017.

Sumber : Injil Empat Beganda Makna Logo Gereja Kemah Injil Indonesia dan Siapa Dia Pelajaran Injil Empat Beganda Untuk Anak-Anak, terbitan Kalam Hidup




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Referensi Buku PENDIDIKAN terbitan Kalam Hidup

1. 52 METODE MENGAJAR - Dr. F. Thomas Edison, M.Si. Mengajar, mendidik, dan melatih bukanlah tugas yang gampang, yang d...