Selasa, 29 Oktober 2019

Tumbuh-Tumbuhan dalam Alkitab


Ada beberapa jenis tumbuh-tumbuhan yang sering disebut dalam Alkitab. Sebagian besar dari  tumbuh-tumbuhan itu, misalnya pohon ara, pohon delima, pohon zaitun, dan pohon anggur sudah terkenal sehingga mudah dikenali. Disini akan membahas beberapa tanaman yang menarik dan penting.

Buah Kurma

Buah kurma yang terkenal adalah buah sejenis pohon palem yang disebut palem kurma (Phoenix dactylifera), tumbuh di oasis di Sinai dan di daerah-daerah yang lebih panas di Palestina. Palem juga menjadi salah satu simbol bangsa Israel. Ketika Tuhan Yesus diarak masuk kota Yerusalem dengan mengendarai seekor keledai, orang banyak membawa ranting-ranting pohon palem.

Buah Ara

Buah ara penting pada zaman Alkitab. Pohon Ara (Ficus cacira) sering ditemukan dipinggir jalan dan di dekat rumah-rumah, juga disekitar kebun anggur. Pohon ara sering disebutkan dalam Alkitab, dan Tuhan Yesus menggunakan pohon ara dalam beberapa perumpamaan dan ilustrasi-Nya. Jenis pohon ara yang dipanjat oleh Zakeus untuk dapat melihat Tuhan Yesus adalah jenis Ficus sycomorus yang berdaun rindang.(Lukas 19:4)

Gandum

Gandum menghasilkan tepung dan roti yang terbaik, sedangkan sekoi (sejenis gandum) adalah makanan petani miskin. Tepung gandum digunakan oleh para imam Ibrani dalam memberikan persembahan kepada Allah.

Murad

Murad (Mytrus communis) kadang-kadang ditemukan dalam semak belukar di Palestina. Menurut tradisi, pada Hari Raya Pondok Daun orang Yahudi menggunakan semak ini untuk membuat pondok-pondok, seperti yang tercantum dalam Nehemia 8:16. Nabi Yesaya menggambarkan pohon murad sebagai pohon yang sedap dipandang dan akan menggantikan semak duri di padang pasir (Yesaya 41:19; 55:13)

Bunga Badam

Bungan badam (Prunus dulcis) indah berwarna putih, kadang-kadang ada juga yang berwarna merah muda di Palestina. pohon dan buah nya sering disebut dalam Alkitab. mungkin yang paling terkenal ialah tongkat Harun, dari batang pohon badam, yang berbunga dan berbuah dalam satu malam (Bilangan 17:8)

Pohon Zaitun

Pohon zaitun (Olea europaea) adalah salah satu pohon utama di Palestina zaman dahulu, yang buahnya dimakan sebagai asinan/acar. Tetapi yang lebih berharga lagi ialah minyak zaitun, yang merupakan hasil dari perasan buahnya. Dalam Alkitab, minyak digunakan untuk mengurapi orang, pertanda orang itu dikhususkan bagi sebuah tugas istimewa. Oleh karena itu, minyak zaitun menjadi simbol pengurapan Roh Kudus.

Pohon Delima

Warna merah cerah bunga pohon delima (Punica granatum) kontras dengan warna hijau tua daun-daunnya. Dalam Keluaran 28:33 kita membaca bahwa ujung gamis para imam besar harus dihias dengan buah-buah delima yang dibuat dari kain ungu tua, ungu muda, dan kirmizi. Buah delima juga digunakan untuk menghias tiang-tiang penyangga di dalam Bait Allah yang didirikan raja Salomo (1 Raja-Raja 7:20)

Pohon Aras

Pohon aras yang terkenal dari Libanon (Cedrus libani) adalah sejenis pohon cemara yang sangat besar dan hanya tumbuh di pegunungan Libanon. Batang pohon ini digunakan sebagai bahan bagunan Bait Allah yang didirikan Raja Salomo (1 Raja-Raja 5:6-10). Bagian dalam bait Allah itu dipapani dengan kayu aras yang diukir indah dan berlapis emas. Balok-balok araslah penyangga atapnya.

Pohon Terbantin

Pada zaman Alkitab terdapat hutan pohon terbantin, sejenis jati di pegunungan Palestina. Mungkin jenis pohon inilah yang membentuk "hutan kecil" dan dijadikan tempat pemujaan berhala serta perbuatan asusila yang dikutuk oleh para nabi.

Papirus

Papirus adalah nama semacam kertas kuno, dan tumbuhan yang menjadi bahan kertas itu. Batangnya segi tiga, disayat-sayat memanjang lalu disusun dua lapis dan ditempa bersama-sama untuk membuat kertas. Banyak bagian dari Alkitab ditulis pada papirus.

Pohon Kemenyan

Batang pohon kemenyan (Boswellia) mempunyai kulit yang tipis dan terkelupas.Bila batang pohon disayat, mengalirlah resin (semacam getah damar) berwarna kehijau-hijauan. Kemenyan, dengan emas dan mur, dipersembahkan kepada Tuhan Yesus oleh orang-orang majus.

Duri dan Onak

Banyak sekali tumbuh di tanah-tanah gersang seperti Palestina. Tuhan Yesus mungkin teringat akan tumbuhan ini, ketika Ia menyampaikan perumpamaan mengenai seorang penabur (Lukas 8). Para petani mengumpulkan tanaman-tanaman berduri ini untuk dibakar, sebagai gambaran yang sering digunakan dalam Alkitab untuk menunjukan nasib orang jahat.

Ketumbar

Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah sejenis rempah yang tumbuh setahun sekali. Orang Israel sudah mengenalnya di Mesir, karena mereka mengatakan manna - makanan mereka di padang gurun itu - tampaknya seperti biji ketumbar (Keluaran 16:31).

Inggu

Inggu (Ruta graveolens) adalah tumbuhan perdu pendek. Dalam Alkitab hanya disebutkan sekali saja, yaitu ketika Tuhan Yesus menegor orang Farisi, karena mereka membayar persepuluhan sampai dari inggu juga, tetapi mengabaikan hal-hal yang lebih rohani (Lukas 11:42).


Sumber : Handbook Toh The Bible, terbitan Kalam Hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Referensi Buku PENDIDIKAN terbitan Kalam Hidup

1. 52 METODE MENGAJAR - Dr. F. Thomas Edison, M.Si. Mengajar, mendidik, dan melatih bukanlah tugas yang gampang, yang d...