Kamis, 31 Oktober 2019

BARUKH





Barukh adalah teman dan juru tulis Yeremia. Allah berfirman kepada Yeremia, yang kemudian mendiktekan pesan Tuhan itu kepada Barukh. Barukh menuliskannya di atas sebuah perkamen (gulungan kertas/kulit). Pada zBarukh adalah teman dan juru tulis Yeremia. Allah berfirman kepada Yeremia, yang kemudian mendiktekan pesan Tuhan itu kepada Barukh. Barukh menuliskannya di atas sebuah perkamen (gulungan kertas/kulit). Pada zaman itu, sedikit sekali orang yang dapat membaca atau menulis. Jadi, Barukh termasuk orang yang istimewa.


Yeremia tidak diperbolehkan pergi ke Bait Allah. Ia pun menyuruh Barukh pergi ke sana untuk membacakan pesan Tuhan itu kepada orang banyak. Pesan itu adalah nubuat tentang apa yang akan terjadi atas Yerusalem.

Sesudah itu, Barukh dan Yeremia terpaksa bersembunyi karena raja mencari mereka untuk ditangkap. Di kemudian hari, mereka berdua diangkut sebagai tahanan ke Mesir. Pada saat itu Barukh diterpa kekhawatiran tentang nasibnya. Allah pun menyampaikan pesan khusus kepada Yeremia untuk Barukh, “Aku akan melindungi engkau ke mana pun engkau pergi”



(Baca kisah Barukh dalam Yer. 32:6-16; 36:1-32; 43:1-7.)

Sumber : Kisah Tokoh-tokoh Unik dalam Alkitab, terbitan Kalam Hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Referensi Buku PENDIDIKAN terbitan Kalam Hidup

1. 52 METODE MENGAJAR - Dr. F. Thomas Edison, M.Si. Mengajar, mendidik, dan melatih bukanlah tugas yang gampang, yang d...