Jumat, 01 November 2019

Unggas dalam Alkitab


  • Burung Merpati dan Burung Dara

Burung dara cincin atau burung merpati hutan

Burung merpati dan burung dara paling lazim dan penting di antara semua burung dalam Kitab Suci. Orang miskin, yang tidak mampu mempersembahkan domba atau kambing, boleh mempersembahkan dua ekor burung merpati kepada Tuhan. Jenis-jenis burung ini sebenarnya banyak yang dijadikan burung peliharaan. Di Palestina terdapat berbagai jenis burung merpati. Ada pula yang tinggal di situ hanya selama musim dingin. Burung dara lembut suaranya dan jinak sehingga dijadikan ungkapan yang tepat untuk menyatakan kasih sayang, seperti dalam Kidung Agung
  • Ayam Hutan
Ayam hutan batu karang

Ayam hutan, mungkin mencakup tiga jenis ayam: Ayam Hutan Batu Karang, Ayam Hutan Padang Gurun dan Ayam Hutan Hitam. Ayam hutan menjadi burung buruan yang digemari dan telurnya biasa dimakan orang. Daud, ketika dikejar oleh Saul, menggambarkan dirinya sedang diburu "seperti seekor ayam hutan di gunung-gunung" (1 Sam 26:20)

  • Burung Rajawali dan Burung Nazar
Burung nazar-griffon

Kata yang biasanya diterjemahkan "rajawali" mencakup burung rajawali yang sesungguhnya maupun burung Nazar-Griffon. Dari kejauhan, kedua burung ini tampak serupa. Burung nazarlah yang berkerumun di angkasa, siap menyerbu bangkai, walaupun "burung rajawali" dalam Matius 24:28 juga dipakai menggambarkan kekuasaan Romawi. Kekuatan dan tenaga burung rajawali ditunjukan oleh dua ayat yang sangat terkenal ini: "Orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya" (Yes 40:31) dan "masa mudamu menjadi baru seperti pada burung rajawali" (Mzm 103:5)
  • Burung Hantu
Burung hantu kecil

Di antara burung-burung hantu yang terdapat di Palestina, burung hantu rajawalilah yang paling besar. Yang paling banyak dijumpai ialah burung hantu hutan (berwarna kuning-coklat),dalam Alkitab, habitat burung hantu melambangkan tempat yang sunyi dan terlantar (Yes 34:15)
  • Burung Bangau


Burung bangau dari tempat mereka mencari makan selama musim dingin di Arab dan Afrika, Bangau Putih dan Bangau Hitam setiap tahun terbang ke utara melewati Palestina. Burung bangau putih, lewat dengan jumlah paling besar dan paling sering terlihat. Nabi Yeremia (8:7) memberikan sebuah pelajaran dari kenyataan bahwa "burung bangau berpegang pada waktu kembalinya" (maksudnya tahu waktu yang tepat untuk berbuat sesuatu).


Sumber: Handbook To The Bible, terbitan Kalam Hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Referensi Buku PENDIDIKAN terbitan Kalam Hidup

1. 52 METODE MENGAJAR - Dr. F. Thomas Edison, M.Si. Mengajar, mendidik, dan melatih bukanlah tugas yang gampang, yang d...